Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Karir di Perusahaan, Wajib Diperhatikan!

Aug 5, 2022

Memiliki karir yang berhasil merupakan impian bagi banyak karyawan, entah itu berhasil naik di jabatan yang lebih tinggi, atau berhasil dalam melakukan inovasi terbaik sehingga dapat diapresiasi lebih dari perusahaan. Namun, tidak semudah itu untuk meraih keberhasilan karir. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi keberhasilan karir di perusahaan dan faktor-faktor ini sangat wajib diperhatikan agar karir bisa berhasil. 

Artikel kali ini kita akan membahas lebih dalam, faktor apa saja yang mempengaruhi keberhasilan karir di perusahaan. Sangat wajib dan patut diperhatikan bagi seorang karyawan agar dapat berhasil di perusahaan. 

Ini Dia, Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Karir

Kepribadian

Faktor utama yang sangat mempengaruhi keberhasilan karir adalah kepribadian kamu pada saat di kantor. Dengan memiliki kepribadian yang baik seperti rajin membantu rekan kerja jika ada kesulitan, siap menerima setiap tantangan, mau menerima kritikan, menjadi pendengar yang baik disaat rapat, hingga memiliki rasa sopan santun yang tinggi menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan karir seseorang di perusahaan. 

Tidak hanya di dunia profesional saja, namun memiliki kepribadian yang baik juga akan membuat kamu berhasil di kehidupan sehari-hari. Reputasi kamu akan semakin meningkat juga. 

Komunikasi & Sosialisasi

Faktor selanjutnya adalah caranya kamu berkomunikasi dan bersosialisasi di lingkungan kantor. Menggunakan tutur bahasa yang baik secara formal, kemudian menggunakan bahasa asing seperti bahasa Inggris untuk berkomunikasi dengan klien luar negeri, hingga berbicara dengan sopan penuh tata krama apalagi dengan senior di kantor. Perhatikan pula cara bergaul di lingkungan kerja, berbeda dengan lingkungan sehari-hari seperti teman-teman, bergaul di lingkungan kerja harus dijalankan dengan baik agar tidak meninggalkan kesan yang buruk. 

Disiplin

Terapkan kedisiplinan kepada setiap aspek pekerjaan. Mulai dari disiplin waktu, dan disiplin dalam mengatur tempat kerja agar terlihat lebih rapi. Disiplin waktu adalah bagaimana cara kamu mengatur waktu dengan baik untuk menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan di kantor, sedangkan disiplin dalam mengatur tempat kerja adalah bagaimana cara kamu mengatur tempat kerja kamu menjadi lebih rapi dan enak untuk dipandang. Tingkatkan selalu kedisiplinan selama kamu berkarir dan juga di kehidupan pribadi!

Pengetahuan

Bagi kamu yang minim pengetahuan di bidang kompetensi pekerjaan yang kamu jalani, tentu akan sangat berdampak bagi keberhasilan karir. Maka dari itu, tingkatkan selalu pengetahuan di bidang pekerjaan kamu dengan cara belajar, bertanya kepada senior, hingga fokus dalam mengerjakan tugas-tugas yang sesuai dengan kompetensi pekerjaan. Jangan lupa untuk mengikuti kegiatan seperti Seminar atau Workshop dalam meningkatkan ilmu pengetahuan. 

Pengalaman Kerja

Kemudian, memiliki pengalaman kerja yang luas juga mempengaruhi keberhasilan karir kamu. Bagi karyawan, kamu bisa memperbanyak pengalaman dengan bekerja lewat part-time atau freelance. Semakin banyaknya pengalaman kerja, kamu akan lebih mahir dan cekatan dalam menghadapi dunia pekerjaan. 

Bagi fresh graduate juga dapat mencari pengalaman kerja dari level dasar yaitu magang atau intern di perusahaan. Pelan-pelan naik menjadi karyawan tetap di perusahaan. 

Kontribusi Di Pekerjaan

Faktor terakhir yang mempengaruhi keberhasilan karir seorang karyawan adalah kontribusinya di perusahaan. Bagi karyawan yang hanya datang pagi, mengerjakan tugas, pulang dipastikan akan sulit naik ke jabatan yang lebih tinggi. Perusahaan jaman sekarang membutuhkan karyawan yang aktif dalam memberikan kontribusi lebih, menyampaikan ide-ide bisnis terbaru untuk memajukan perusahaan, hingga melakukan inovasi terbaru bagi perusahaan. 

Itulah beberapa faktor yang mempengaruhi keberhasilan karir bagi seorang karyawan. Namun, terdapat faktor lain yang juga mempengaruhi keberhasilan karir yaitu kemampuan untuk berkomunikasi dengan menggunakan bahasa asing, khususnya bahasa Inggris. Di jaman sekarang, bahasa Inggris digunakan oleh banyak perusahaan untuk berkomunikasi, penulisan yang lebih formal dan profesional hingga pitching business kepada calon investor. 

Bagi kamu yang ingin berhasil dalam karir di masa depan, tingkatkan bahasa Inggris kamu! Jika bingung mulai dari mana, kamu dapat melakukan konsultasi langsung dengan komunitas bahasa Inggris terbaik level internasional, Wall Street English! 

More News

Nov 22, 2024
Blog

Bahasa Inggris dalam Dunia Kerja: Mengapa Relasi Internasional Itu Penting?

Nov 19, 2024
Blog, Skill

Strategi Efektif Meningkatkan Kemampuan Berbicara dalam Bahasa Inggris untuk Karir yang Lebih Baik

Nov 19, 2024
Blog, English Tips

Trik Cerdas Menghafal Kosakata Bahasa Inggris dengan Cepat dan Mudah

Aug 7, 2023
Lifestyle

7 Tips Meningkatkan Profesionalisme Kerja

Aug 4, 2023
Lifestyle

Tips Public Speaking dalam Bahasa Inggris dengan Percaya Diri

Jul 31, 2023
Lifestyle

7 Alasan Mengapa Kamu Perlu Ikut Workshop Public Speaking

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP